Uang

Setiap saat manusia menghadapi begitu banyak godaan, tetapi seharusnya kita dapat mengatasinya dengan baik asal kita berani berkata, “Tidak” pada hal-hal yang salah. Separuh lebih masalah dalam hidup kita akan terselesaikan asal kita berani berkata “Tidak”. Setiap orang pasti mempunyai kebutuhan, mungkin materi atau kebutuhan lain. Namun hal yang mengherankan, sebagian besar masalah dalam hidup kita bersumber pada uang. Jadi, memang benar hal yang dikatakan bahwa “cinta akan uang merupakan akar dari segala kejahatan. Karena mengejar kekayaanlah banyak orang terjebak dalam berbagai kejahatan.

Demi uang, banyak orang terjerumus dalam penjara. Ada yang ditangkap sebagai koruptor, pengedar obat bius, pencuri, dan lain sebagainya. Tidak sedikit pemimpin yang kehilangan nama baik karena uang. Uang memang penting, tetapi hal yang lebih penting adalah mengatur penggunaan uang.

Ada jutaan, puluhan, bahkan ratusan juta orang di dunia mendambakan hidup bahagia. Hidup bahagia sering dikaitkan dengan sesuatu yang berhubungan dengan kekayaan karena banyak orang mengira kekayaan identik dengan kebahagiaan. Namun, kenyataannya tidaklah demikian. Orang yang memiliki banyak uang, tetapi tidak memiliki kecakapan mengatur penggunaan uang akan mengundang banyak masalah.

Apa pun alasannya, kita tidak dapat menggunakan uang sesuka kita. Jika Anda ingin aman dalam menggunakan uang, ikutilah pedoman penggunaan uang dengan benar:

  1. Gunakan uang untuk kewajiban
  2. Gunakan uang untuk kebutuhan
  3. Apabila masih ada uang lebih, gunakan uang untuk keinginan

Jangan salah meletakkan urutan prioritas ini. Jika pemenuhan keinginan menjadi nomor satu, misalnya Anda ingin ganti HP, jangan heran apabila hidup Anda menjadi berantakan. Bagaimanapun, keinginan merupakan prioritas nomor tiga, dan kewajiban seperti uang sekolah anak, membayar tagihan merupakan prioritas pertama. Apabila kita bijak mengatur penggunaan keuangan, hidup kita akan lebih nyaman.

Read More Posts from Momen Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *