Lakukanlah dengan Baik

Lakukanlah Dengan Baik

Martin Luther King berkata, “Jika seorang disebut penyapu jalanan, ia seharusnya menyapu jalan seperti Michael Angelo melukis; atau Beethoven membuat lagu; atau Shakespeare menulis puisi. Ia seharusnya menyapu jalan sebersih-bersihnya sehingga semua penghuni surga dan dunia akan berhenti dan berkata, “Di sini pernah hidup seorang penyapu jalan besar yang telah melakukan pekerjaannya dengan baik.”

Kutipan tersebut terdengar sangat biasa karena itulah yang kita dengar setiap hari, yaitu kita harus bekerja dengan baik. Namun, tidak banyak di antara kita yang dapat melakukannya. Sering kali setiap malam setelah bekerja keras seharian, kita merasa begitu lelah. Namun, di tengah kelelahan kita, jika mau jujur, kita masih merasa belum melakukan yang terbaik.

Apakah masih ada harapan untuk bertindak lebih baik lagi pada esok hari? Terjebak dalam ketidaktahuan merupakan masalah terbesar dalam hidup manusia yang singkat. Banyak orang tidak menyadari bahwa manusia mempunyai batas kemampuan dan memang kita tidak mungkin ahli dalam segala hal. Michael Angelo menjadi ahli dalam bidangnya. Beethoven menjadi ahli dalam bidangnya. Demikian pula Shakespeare. Einstein pun bukan pemusik ulung atau pemain sepakbola yang hebat.

Menata hidup merupakan kunci awal untuk hidup lebih baik. Beranilah untuk menekuni satu bidang dan jadilah ahli di sana. Jadilah master dalam bidang yang Anda mampu. Janganlah menjadi seorang generalis, tetapi jadilah spesialis.

Beranilah untuk mengatakan “Tidak” apabila memang itu bukan bidang keahlian kita karena pasti ada orang lain yang akan menanganinya dengan lebih baik.

Read More Posts from Momen Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *