Penjual Ayam Goreng

Penjual Ayam Goreng

Saya menyukai pernyataan yang berbunyi “Kesuksesan tidak tergantung pada usia.” Berapa pun usia kita, kita masih bisa berhasil, dan kegagalan sebenarnya tidak mampu membendung kesuksesan kita. Ada banyak orang mendulang sukses pada usia tua, salah satunya adalah Kolonel Harland Sanders, pendiri waralaba ayam goreng terkenal di dunia KFC, Kentucky Fried Chicken.

Sampai ia berusia 66 tahun, semua usahanya tidak mencapai keberhasilan yang berarti. Akibatnya, mantan anggota Angkatan Darat Amerika ini tidak memiliki uang sepeser pun, kecuali hidup dari tunjangan hari tuanya yang semakin hari semakin menipis. Akan tetapi, ia tidak pernah berhenti berusaha. Rupanya usia tidak memadamkan niatnya untuk berhasil.

Pada suatu kesempatan, ia memperoleh cek jaminan kesejahteraan senilai US$ 105, lalu ia berpikir, “Apa yang dapat kulakukan dengan cek sebesar ini agar berguna bagi orang lain? Apa imbalan yang akan kudapat?” Tentu tidak ada karena jumlahnya sangat kecil. Padahal dalam sisa hidup nya, ia ingin dapat membantu orang lain. Sesaat ia teringat akan keahlian yang ia warisi dari ibunya. Kemudian ia berpikir,”Menjual resep saja tidak akan cukup untuk membayar sewa rumah, bagaimana jika menjual resep dan menunjukkan cara memasak ayam yang benar? Mungkinkah aku akan memperoleh keuntungan?

Kolonel Sanders mulai menawarkan resep ke restoran demi restoran; ada yang menyambutnya dengan baik, ada pula yang mengejeknya. Apakah Kolonel Sanders menyerah? Tidak, ia selalu memiliki alasan untuk tidak berhenti berusaha karena ia punya kunci sukses, yaitu tidak pernah menyerah.

Berapa kali Kolonel Sanders ditolak? Menurut catatan, ia pernah ditolak sebanyak 1.009 kali! la berjuang selama dua tahun menjelajah Amerika dengan mobil tua, tidur di mobil dan bangun pagi dengan kondisi siap menawarkan gagasannya kepada restoran baru. Akhirnya idenya diterima dan ia berhasil pada waktu berusia 65 tahun. Anda pun dapat memperoleh kesuksesan. Jangan tunggu hingga Anda berusia 65 tahun, mulailah sejak sekarang.

Read More Posts from Momen Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *