Dua Penebang Pohon

Kata siapa beristirahat itu tidak perlu? Pada dasarnya manusia mempunyai segalanya dalam kadar terbatas. Apa pun harus ada isi ulangnya. Setiap kita harus meluangkan waktu untuk istirahat, makan, tidur, bersosialisasi, dan belajar supaya dapat kembali bekerja dengan stamina baru.

Perhatikan kisah seorang pekerja keras, penebang pohon yang selalu bekerja dan hampir tidak pernah berstirahat. Karena begitu bersemangat bekerja, si penebang pohon ini sampai lupa mengasah kapaknya sehingga tanpa disadari kapaknya tumpul. Akibatnya, hasil kerjanya malah sangat tidak efisien dan produksinya minimum. Berbeda dengan sahabatnya yang setiap dua jam berhenti dan mengasah kapaknya. Waktu sore tiba, tenaganya masih prima dan hasilnya lebih banyak.

Kapak itu adalah kepandaian dan keterampilan yang kita miliki. Kapak ini perlu diasah supaya hasil “tebangan” lebih banyak.

Be wise and be strong.

Apa yang kamu pelajari dari momen inspirasi saat ini? Ketik & bagikan ceritamu di bagian komentar.

Sumber : Buku Momen Inspirasi oleh Andreas Nawawi

Read More Posts from Momen Inspirasi

5 thoughts on “Dua Penebang Pohon

  1. Sule Reply

    jauh lebih penting utk menjadi tajam dalam pekerjaan kita, kerjaan yg EPEKTIP dan EPISIEN.
    Makaseeehhh…

  2. Abdiel Moses Reply

    Kita dapat belajar bahwa kita harus bekerja dengan smart, kita kerja jg memerlukan strategi bagaimana kita bisa kerja dgn efektif sehingga memperoleh kerja yg benar dan maksimal

  3. owen wilson Reply

    Management waktu penting untuk kita. kitalah yang tahu batas kekuatan kita. bekerja keras penting tetapi bekerja cerdas akan membuat kita lebih maksimal. bekerja keraslah saat melakukan segala sesuatu tapi jangan lupa untuk juga berpikir dan melihat secara jernih setiap hal secara terencana dan terstruktur agar kita bisa tajam menyelesaikan setiap masalah dan persoalan yang ada.

  4. Audi Hambali Reply

    belajar banget nih utk bisa jadi pekerja yang bukan cuma pake otot, tapi juga pake otak – tenaga itu terbatas, tapi kl otak selagi kita mau belajar ga akan ada habisnya. Supaya kita memperoleh hasil yang maksimal. agar usaha yang telah kita lakukan itu efektif dan tidak sia-sia.

  5. Heri Lumanto Reply

    Bekerja dan mendapatkan hasil adalah rutinitas sehari-hari manusia pada umumnya, ada juga masanya dimana kita perlu beristirahat, namun bukan sekedar beristirahat….. ada pepatah mundur satu langkah untuk maju dua langkah…. seperti anak panah itu kalau akan ditembakan menuju sasaran harus ditarik ke belakang dan butuh waktu tenang dan pengarahan yang akurat, jadi istirahat disini bukanlah semata-mata istirahat namun menambah wawasan dan mencarj pengetahuan yang mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *