Sepenuh Hati

Sepenuh Hati - Delapina Home - Momen Inspirasi

We take the hamburger business more seriously than anyone else.” Atau dalam bahasa Indonesia berarti, “kami menjalankan bisnis hamburger lebih serius dari pada siapa pun.” Kata-kata hebat ini dikatakan oleh orang yang menjadikan memakan hamburger sebagai “budaya makan dunia”. Ia adalah Ray Kroc.

Apa jadinya apabila Ray hanya setengah-setengah dengan usahanya?  Tentu ia tidak akan melihat kerajaan hamburgernya mendominasi dunia. Perkataan Ray Kroc seharusnya menjadi tekad bagi banyak orang. Seandainya kita memiliki tekad yang sama, bisnis apa saja yang kita tekuni akan membawa hasil luar biasa.

Masalah utama kehidupan manusia adalah “tidak sepenuh hati” sehingga apa saja yang dikerjakan tidak dengan sepenuh hati hasilnya pun akan tidak maksimal. Ada tiga hal yang harus kita miliki apabila kita mau “sepenuh hati“. Pertama, jangan pernah meremehkan atau merendahkan hal yang kita kerjakan. Seorang sopir taksi di Jepang dihargai oleh pelanggannya yang juga sesama sopir. Karena ia menganggap terhormat profesinya, ia menggunakan jas terbaik ketika bekerja. Membukakan pintu pelanggan merupakan ritual khusus yang ia lakukan sehingga semua pelanggan merasa terhormat, dan ia dihargai dengan banyalk uang oleh pelanggannya.

Kedua, latihlah semua proses dengan baik.  Belajarlah mengatakan, “Selamat Pagi” dengan jelas, tersenyum, dan sebagainya. Ketiga, layananilah dengan sepenuh hati karena yang kita layani adalah manusia yang memiliki hati dan perasaan; mereka tahu mana yang hanya di mulut dan mana yang dari hati.

Jika Ray Kroc bisa, semua orang juga seharusnya bisa. Jangan lupa, tambahkan “sepenuh hati” dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan.

Apa yang kamu pelajari dari momen inspirasi saat ini? Ketik & bagikan ceritamu di bagian komentar.

Sumber : Buku Momen Inspirasi oleh Andreas Nawawi

Read More Posts from Momen Inspirasi

5 thoughts on “Sepenuh Hati

  1. Jendral Soedirman Reply

    Pilihannya memang hanya dua, apakah kita melakukan segala sesuatu dengan baik, atau malah membiarkan segala sesuatu berjalan secara auto-pilot sehingga keadaannya rusak dengan sendirinya.
    Saya belajar hari ini utk bisa menjalankan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya, seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

  2. Raden Fatah Reply

    Integritas bisa jadi dasar dari segala tindakan kita agar kita bisa melakukan segalanya dengan tulus. sehingga bila kita menyapa atau memberikan perhatian itu memang tulus tanpa ada yang ditutupi.

  3. sandra Reply

    lakukan segala hal dg sepenuh hati walau sekecil apapun jgn stengah2 krn sesuatu yg dikerjakan setengah2 hasilnya tdk maksimal….

  4. Pangeran Cinta Reply

    Hidup ini penuh dengan pilihan, setiap pilihan akan menghasilkan reaksi rantai tentang keadaan atau sikon kehidupan seseorang pada suatu waktu, saya percaya rejeki dan berkat dari Tuhan dan waktu Tuhan, tapi juga tidak memungkiri kalau kerja keras juga bisa menghasilkan hasil, namun kembali ke pilihan diatas tadi, tepat atau tidak tepatnya juga rahasia ilahi, sepenuh hati sebaiknya iman kepada Tuhan, karena hanya DiA yang tahu yang terbaik untuk kita, dan bagi DIA bukan performa kita yang diinginkannya, melainkan hubungan kita dengan DIA, work smart always better than work hard.

  5. mbah yai klewok Reply

    sesuatu pekerjaan yg kita lakukan harus sepenuh hati karena hasil tidak akan bisa bohong,baik pekerjaan kecil maupun pekerjaan besar yang penting slalu optimis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *